Anggaran Dasar

ANGGARAN DASAR PEMUDA KATOLIK

P E M B U K A A N

Menyadari bahwa Gereja, Bangsa dan Negara Indonesia harus terus dibangun untuk mewujudkan masyarakat yang adil, sejahtera, aman dan damai sesuai dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan Indonesia dan selaras dengan Ajaran Gereja.

Menyadari bahwa sebagai warga Gereja dan warga negara lndonesia, generasi muda Katolik Indonesia memiliki tanggung jawab, tugas dan kewajiban untuk makin giat mewujudkan semangat cinta kasih dan pengabdian kepada Tuhan dan sesama manusia dalam bentuk keterlibatan nyata di dalam pembangunan Gereja, Bangsa dan Negara Indonesia.

Menyadari bahwa generasi muda Katolik Indonesia harus terus bertumbuh dan berkembang menjadi insan Kristiani dewasa yang Pancasilais, agar dapat menjadi insan pembangun yang tangguh dan kritis bagi gereja dan bangsa Indonesia.

Menyadari bahwa untuk mengemban semangat menggereja, berbangsa dan bernegara dibutuhkan adanya wadah kesatuan generasi muda katolik Indonesia yang terlibat aktif di dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, berbentuk organisasi pembinaan dan perjuangan berdasarkan Pancasila, dijiwai iman dan moral Kristiani, bertaraf nasional dan meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Maka kami, kaum muda Katolik Indonesia, berhimpun dalam satu wadah organisasi, dengan

ANGGARAN DASAR sebagai berikut:

Pasal 1

NAMA, WAKTU, TEMPAT KEDUDUKAN DAN SANTO PELINDUNG

  1. Organisasi ini bernama Pemuda Katolik tanpa singkatan.
  2. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 15 November 1945 di Yogyakarta untuk waktu yang tidak ditentukan.
  3. Pemuda Katolik berkedudukan di wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia.
  4. Santo Pelindung Pemuda Katolik adalah Santo Yohanes Berchmans.